Getaran Isyarat Maya

Bayu Andrianto, Agung Hujatnika

Abstract


Seiring dengan adanya perkembangan dan pembaruan berbagai macam teknologi, seni telah meluas ke berbagai dimensi tanpa kecuali sampai ke dalam tindakan mendengarkan, melalui kebisingan bahkan keheningan. Dalam hal ini, memungkinkan terjadi bentuk-bentuk baru dari pertemuan estetika dengan kehidupan sehari-hari. Begitu pula efek eksternal, yaitu penggunaan teknologi terhadap keadaan psikologis manusia.
Gagasan tentang otoritas mengantar penulis untuk menjadikannya sebagai tema. Penulis mencoba untuk menarik tema ini kepada persoalan yang cukup sentral. Makna kata otoritas, bagi penulis dapat menjadi kata benda yang filosofis. Menurut kamus bahasa Indonesia otoritas berarti suatu hak untuk melakukan tindakan atau hak membuat peraturan untuk memerintah; wewenang. Setiap manusia memiliki otoritas untuk menangkap informasi dari segala sumber, baik lewat ingatan memori, penglihatan, pendengaran, dan hati.
Tematik otoritas ini kemudian penulis singgung dengan proses menelaah ke arah yang lebih personal ; bagaimana membaca kembali memori. Bagaimana konsepsi mengenai otoritas kemudian direkonstruksi melalui persepsi yang lain. Proses untuk mengingat kembali apa yang terekam dan mencoba menerka yang ada di pikiran serta merangkum dan memilah hal yang penting untuk diserap atau tidak sebagai bagian sebuah proses titik balik bagi manusia berdasarkan pengalaman hidup penulis. Dalam karya tugas akhir ini penulis ingin menunjukkan sebuah proses penciptaan karya seni menggunakan disiplin Intermedia.
Disiplin tersebut penulis ungkapkan melalui seni performans, dimana penulis akan memanggil masa lalu yang dihantarkan melalui medium bunyi serta mencoba berkomunikasi dan mengintervensi bunyi tersebut melalui sumber bunyi berupa kaset rekaman sewaktu kecil. Pada prakteknya, tema mengenai otoritas ini bersinggungan dengan seni performans dan seni bunyi sebagai medium seni dan bentuk aktualisasi diri dalam membantu menentukan kepercayaaan diri penulis. Pada akhirnya, tematik mengenai otoritas akan mengantarkan kita pada penghayatan yang mampu dirasakan lebih jauh lagi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.