AKAL RAGA

Adriano Firmanza Rudiman, Deden Hendan Durahman

Abstract


Penulis memiliki latar belakang keluarga yang bekerja sebagai tenaga medis, sehingga sejak kecil penulis sudah akrab dengan pencitraan-pencitraan tubuh manusia dalam ilmu medis, baik dalam bentuk ilustrasi, foto maupun video. Keterbiasaan ini membawa penulis ke dalam suatu ranah pemikiran yang baru saat melihat kecenderungan masyarakat yang memperlihatkan emosi takut atau rasa terganggu saat melihat pencitraan tubuh dalam bentuk dan gaya visual medis, khususnya saat melihat organ bagian dalam dengan segala praktik medis terhadap tubuh manusia seperti operasi.
Ambivalensi yang dimiliki manusia saat menghadapi citraan-citraan semacam itu menjadi landasan penulis untuk menciptakan konsep rasa takut dan muak yang timbul dari pencitraan tubuh manusia untuk divisualisasikan lewat bentuk karya seni rupa dalam medium video installation. Penulis menemukan ketertarikan untuk mempertemukan pengetahuan dan pengalamannya akan pencitraan organ dalam tubuh manusia yang didapat dari latar belakang medis keluarganya dengan disiplin ilmu seni rupa khususnya seni intermedia dari latar belakang pendidikannya. Penulis ingin menawarkan sebuah pengalaman visual yang pada konteksnya menampilkan sebuah karya instalasi video yang menampilkan visualisasi organ dalam tubuh manusia di proses operasi medis secara detail dan intens, apakah rasa takut dan muak yang dialami manusia terkait dengan cara manusia memandang tubuhnya sendiri.
Hasil karya ini diharapkan dapat menciptakan ruang yang menawarkan pengalaman visual yang baru, yang dapat mendekatkan manusia kepada pemahaman yang lebih dalam akan rasa takut terhadap pencitraan yang dapat dimunculkan lewat tubuh manusia. Selain itu karya Tugas Akhir ini diharapkan dapat membuat sebuah kesan yang tidak terlupakan, sebuah pengalaman visual yang akan menyentil kejiwaan namun juga mempurifikasi ketakutan pengamat terhadap tubuhnya sendiri.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.