“FOLD” PERTEMUAN REALITAS BEDA DUNIA

Erika Medinah, Rizki Akhmad Zaelani Harry

Abstract


Adanya malam dan siang, adanya gelap dan terang, adanya laki – laki dan perempuan, adanya benar dan salah, adanya baik dan buruk, dan sebagainya. Semua hal berpasangan tersebut merupakan suatu hal yang memang sudah pasti ada di kehidupan ini. Suatu keadaan yang memahami dimana adanya sistem yang serba berpasangan dalam kehidupan disebut sistem biner atau sistem berpasangan. Nilai – nilai berpasangan tersebut merupakan 2 hal yang berbeda yang penulis gabungkan dan menghasilkan hal yang baru disebut nilai dualitas.
Karya tugas akhir ini dibuat berdasarkan ketertarikan penulis mengenai hakikat dalam kehidupan yang merupakan penciptaan alam yang diciptakan berpasangan direpresentasikan melalui bidang lukisan dengan subject matter kerangka manusia dan binatang. Kerangka manusia yang bermakna kematian dan binatang yang bermakna kehidupan, 2 hal yang berasal dari realitas yang berbeda digabungkan sehingga membangun relasi.

Melalui karya tugas akhir ini penulis ingin menyampaikan bahwa sesungguhnya suatu hal yang jauh dengan diri dalam kenyataanya adalah hal yang sangat dekat namun dikarenakan hal tersebut tidak terlihat maka hal itu menjadi jauh. Seperti kerangka manusia yang tidak terlihat karena tertutup daging dan kulit sehingga manusia hanya mengenal kerangka saat kematian namun pada kenyataanya kerangka tersebut adalah penopang kehidupan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.