BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF HURUF HIJAIYAH

Dianda Primalita, Oki Hamka Suyatna

Abstract


Abstrak
Pengenalan dan penguasaan huruf hijaiyah yang merupakan dasar untuk membaca dan mempelajari kitab suci Al-Qur’an sejak dini sangat penting. Metode dalam belajar huruf hijaiyah biasanya diberikan oleh guru mengaji secara tradisional (konvensional). Pengajaran ini cenderung membuat anak-anak yang diajari menjadi pasif dalam menerima pelajaran mengajinya, karena guru mengaji menerangkan anak dalam belajar membaca huruf hijaiyah secara lisan, tulisan dan bahasa tubuh. Tugas Akhir ini membahas buku ilustrasi interaktif huruf hijaiyah yang menyediakan bahan pembelajaran dalam bentuk visualilsasi yang berupa gambar dan teks. Melalui buku tersebut diharapkan anak-anak tidak hanya sekedar menerima materi tanpa mendapat kesan khusus terhadap huruf hijaiyah serta dapat lebih menikmati selama proses pembelajarannya.

Kata Kunci : buku ilustrasi anak, hijaiyah, huruf arab, interaktif


Abstract
The introduction and mastery hijaiyah letter for reading and studying Qur'an from an early age is very important. The Method for studying hijaiyah letter usually provided by traditional tutor (conventional). This method make children who are taught to be passive in receiving lessons, because the tutor explained those children in learning to read letters hijaiyah with oral, written and body language. This final assignment illustration of interactive book discusses hijaiyah letter that provides an interactive learning material with visualization of the images and text. Through this book children are expected to not only accept materials without a special impression on hijaiyah letter and can better enjoy during the learning process.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.