APLIKASI DONGENG ANAK INTERAKTIF “POIPÉPIN” UNTUK ANAK USIA PRA-SEKOLAH KE ATAS

Vincentia Valentine Pascadian, Hafiz Aziz Ahmad

Abstract


Proses belajar berlangsung sepanjang hidup manusia. Dalam pengertian sempit, belajar merupakan pendidikan. Pendidikan secara formal ditempuh
semenjak usia 6 tahun hingga usia yang tak berbatas. Beberapa bahkan memulainya lebih awal. Pendidikan menentukan banyak hal dalam hidup
seseorang, oleh karenanya harus dipilih dan disiapkan dengan cermat. Pendidikan tidak terbatas pada yang bersifat keilmuan, namun juga etika
bersosialisasi, yang tidak diajarkan oleh lembaga pendidikan formal. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan pendidikan etika dan moral
untuk anak-anak, khususnya yang berusia pra-sekolah, mengingat usia tersebut adalah rentangan usia ketika seseorang mampu mencerap sesuatu
dengan sangat cepat. Metode yang digunakan ialah buku dongeng interaktif, dengan pendekatan orang pertama yakni “aku” sebagai tokoh utama,
untuk lebih mengimersikan anak ke dalam cerita yang disampaikan. Cerita menggunakan cerita rakyat Indonesia yang telah diadaptasi, dengan ragam
visualisasi yang mampu mendongkrak imajinasi dan ketertarikan anak. Hasil akhir yang berupa aplikasi pada perangkat iPad ini, “Poipépin”
namanya, telah diujicobakan sebagian, dan menerima respon yang positif.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.