DESAIN INTERIOR FASILITAS OLAHRAGA DALAM MALL DAN PENGARUHNYA TERHADAP GAYA HIDUP MASYARAKAT PERKOTAAN

Nani Sofrianty, Donna Saphiranti

Abstract


Abstrak

Minimnya ruang publik yang tersedia untuk beraktivitas bagi warga kota menyebabkan mal menjadi alternatif ruang aktivitas bagi warga kota, termasuk aktivitas olahraga. Aktivitas olahraga sendiri membutuhkan sarana yang didesain khusus yang ketersediaannya sangat terbatas. Mal sendiri adalah ruang usaha milik swasta yang bertujuan mencari laba, di mana keseluruhan gaya hidup merupakan komoditas utama yang diperjualbelikan. Tinjauan ini akan melihat bagaimana mal di kota Bandung mengakomodasi dan mengkomodifikasi kebutuhan berkumpul dan berolahraga di ruang publik warga Bandung melalui desain ruang interior yang bukan hanya memenuhi fungsi sarana olahraga tapi juga menunjang gaya hidup pemakainya.

Kata Kunci : Bandung; olahraga; mal; urban; lifestyle

 

Abstract

The limited public space that is available for people to gather, interact, socialize and do activities such as working out or doing sports gives an opportunity to shopping malls to provide an alternative public space in Bandung. Sport is an activity that requires specially designed facilities that are only available in limited numbers. Shopping mall is, in reality, a privately owned commercial space, where lifestyle is the main commodity. The paper will find how shopping malls accommodate and commodify the need to gather, interact, do sport, and work out in public space for Bandung citizens through interior design, that is not only answers the functional requirements, but also supporting the users’ lifestyle.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.