BANDUNG JAZZ CLUB

Arman Indra Masudi, Tendy Y. Ramadin

Abstract


Jazz merupakan kata kunci yang sering dilontarkan akhir-akhir ini. Berkat Peter F. Gontha, masyarakat Indonesia dapat menikmati musik Jazz kelas dunia melalui Java Jazz Festival yang kini sudah memasuki tahun ke-10 sejak pertama kali diselenggarakan. Selain di Jakarta, kota Bandung juga tidak luput dari trend ini. Bandung merupakan kota yang cocok untuk proyek ini karena selain posisi yang strategis, Bandung juga dikenal sebagai kota kreatif dan sejak dulu telah melahirkan banyak musisi berbakat bangsa. Sebagai kota tujuan wisata belanja dan kuliner, Bandung juga mempunyai nilai komersial yang cukup tinggi. Hiburan live music merupakan santapan sehari-hari di Bandung.
Masyarakat Bandung memiliki apresiasi yang tinggi terhadap musik, termasuk musik Jazz. Bukti apresiasi ini dipancarkan oleh stasiun radio KLCBS yang memutarkan musik Jazz sepanjang hari, tiap hari. Selain itu KlabJazz juga memainkan peran yang penting dalam skena musik Jazz di Bandung. KlabJazz merupakan sebuah komunitas Jazz dengan misi memasyarakatkan musik Jazz melalui beragam kegiatan. KlabJazz aktif mengadakan event Jazz rutin setiap dua minggu.
Bandung Jazz Club berfungsi untuk memfasilitasi kegiatan KlabJazz serta menjadi sarana berekspresi, berkomunikasi, dan bersosialisasi sesama pecinta musik Jazz. Fasilitas utama bangunan ini adalah fasilitas pertunjukan berupa auditorium musik berkapasitas 550 penonton dan live music Jazz Bistro dengan kapasitas 100 tempat duduk. Fasilitas Clubhouse dilengkapi dengan lounge, collection library, game room dan in-house bar. Fasilitas pendukung komersial berupa Toko Buku, Toko Alat musik, Record Store, Café, Recording & Rehearsal Studio dan Record Label.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.