KARAKTER LEMBARAN KERTAS SEBAGAI INSPIRASI DESAIN DALAM PEMBUATAN KARYA LAMPU KERAMIK DENGAN TEKNIK PAPERCLAY

Alfredo Tohonan Parasian Silitonga, Deni Yana

Abstract


Abstrak
Kertas adalah sebuah material yang memiliki karakteristik yang khas apabila disandingkan dengan material-material lain. Kertas memiliki banyak variasi jenis, namun pada umumnya kertas selalu memiliki beberapa karakteristik khas yang dimiliki oleh semua jenis kertas dan tidak dimiliki oleh material lain seperti kain ataupun kayu, antara lain, kertas dapat menghasilkan karakter keras, namun rapuh di saat bersamaan.
Kertas adalah unsur visual yang belum umum digunakan dalam pembuatan satu desain lampu. Bentuk dan karakteristik visual kertas yang unik menjadi salah satu hal yang penulis anggap menarik untuk diangkat menjadi sebuah desain dalam pembuatan keramik untuk tugas akhir ini.
Karya ini akan dieksekusi menggunakan keramik dengan teknik Paperclay. Secara lebih detail, karakter lembaran kertas yang ingin dieksplorasi adalah karakter kertas lusuh, karakter sobekan kertas, dan karakter lipatan kertas namun tetap mempertahankan sifat keramik yang tembus cahaya. Karakter-karakter tersebut merupakan ciri material kertas yang ingin disampaikan melalui karya kriya ini.

Kata Kunci : Kertas, Lampu, Keramik, Bonechina, Paperclay


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.