EKSPLORASI RAGAM HIAS DENGAN TEKNIK DIGITAL PRINT DAN PLEAT PADA GAUN MALAM WANITA, INSPIRASI DARI CITRA HUTAN TROPIS KALIMANTAN, INDONESIA

Clarisca Valentina, Biranul Anas Zaman

Abstract


Masyarakat pada saat ini, baik masyarakat dunia maupun masyarakat Indonesia pada umumnya mulai memiliki kesadaran akan kelestarian lingkungan. Komunikasi penyampaian pesan kepada masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan sangatlah penting. Banyak para desainer dunia maupun Indonesia mulai membuat karya-karya yang berbasis pelestarian lingkungan ataupun karya produk yang mengandung pesan pelestarian lingkungan itu sendiri.
Pada tulisan karya ilmiah ini akan dibahas tentang sebuah karya fashion gaun malam wanita yang mengandung pesan pelestarian hutan Kalimantan. Dunia fashion adalah salah satu bidang yang dapat dijadikan sebagai media untuk menyampaikan suatu ekspresi, pesan-pesan ataupun ajaran-ajaran kepada konsumennya. Fashion merupakan fenomena di masa globalisasi, akibat berkembangnya industri di bidang fashion dan perkembangan teknologi yang erat kaitannya dengan penyampaian informasi. Penelitian akan dilakukan dengan cara eksploratif. Motif-motif yang akan dipakai diambil dari dokumentasi-dokumentasi tentang hutan Kalimantan. Kemudian motif-motif tersebut akan diedit secara digital melalui komputer.
Pada karyanya sendiri akan dilakukan dengan desain surface berupa digital printing dan pleat. Digital printing dilakukan untuk mengejar citra dan warna hutan Kalimantan secara real dan sebenar-benarnya, sedangkan teknik pleat akan digunakan untuk menambah aksen geometris pad asurface kain namun tidak lepas dari karakter hutan Kalimantan itu sendiri.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.