PENGOLAHAN TEKSTIL UNTUK ADAPTASI KOSTUM KARAKTER CALONARANG

Nidiya Kusmaya, Kahfiati Kahdar

Abstract


Pengolahan tekstil atau biasa disebut dengan teknik manipulasi tekstil merupakan seni keterampilan dalam pengolahan tekstil baik secara dua dimensi maupun tiga dimensi. Pengolahan tekstil merupakan aspek yang penting dalam pembuatan kostum, karena dalam pembuatan kostum perlu banyaknya penyesuaian material tekstil yang digunakan sebelum diaplikasikan sebagai kostum.
Calonarang merupakan cerita rakyat yang berkembang di daerah Jawa Timur dan Bali dari abad ke 12. Dalam cerita rakyat Calonarang ini menggambarkan konsep feminisme, Cerita Calonarang dipilih karena merupakan cerita rakyat yang masih kalah popular dari cerita-cerita rakyat yang lain dan memiliki keunikan dalam segi cerita dan pengkarakteran, hingga beragamnya interpretasi pesan yang terkandung didalamnya yang bisa diwujudkan dengan penggarapan kostum dengan pendekatan genre fantasi, seiring popularnya pengangkatan cerita rakyat kedalam seni pertunjukan yang bergenre fantasi.
Dengan pengolahan material tekstil yang lebih unik dalam pembuatan kostum karakter Calonarang, diharapkan akan membantu mewujudkan pengkarakteran dengan tampilan visual yang lebih menarik dalam perwujudan cerita rakyat ke dalam seni pertunjukan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.