APLIKASI MOTIF BATIK JAWA TIMUR PADA BUSANA READY-TO-WEAR DENGAN TEKNIK DIGITAL PRINTING

Anggita Prasanti, Zaini Rais

Abstract


Batik sebagai warisan budaya Indonesia, saat ini kurang mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Batik umumnya dinilai sebagai busana formal yang bersifat kuno, kaku dan kurang menarik untuk dikenali. Masyarakat yang sekedar mengenal batik, umumnya lebih familiar dengan batik yang berasal dari daerah Jawa Barat maupun Jawa Tengah dibanding motif Batik Jawa Timur. Padahal Batik Jawa Timur perlu dilestarikan supaya tidak punah.

Eksplorasi motif Batik Jawa Timur merupakan langkah awal untuk menarik minat masyarakat supaya mau mengenali dan melestarikan Batik Jawa Timur. Unsur-unsur dari motif Batik Jawa Timur, khususnya motif Batik Tenun Gedog Tuban, dikomposisi ulang menjadi suatu bentuk batik kontemporer. Motif hasil komposisi ulang tersebut kemudian diaplikasikan pada produk busana ready-to-wear dengan teknik olah latar utama berupa digital printing. Busana ready-to-wear dibuat dengan gaya kasual dan modern sehingga tidak terkesan kuno.

Diharapkan produk busana ini dapat memperkenalkan Batik Jawa Timur kepada masyarakat yang masih awam. Masyarakat atau konsumen pada mulanya mungkin hanya tertarik pada visual dari busana semata, berlanjut menjadi penasaran untuk mencari tahu mengenai motif dari busana yang dikenakannya, kemudian ingin melestarikan motif batik Jawa Timur tersebut. Popularitas Batik Jawa Timur pun diharapkan dapat meningkat, baik dalam lingkup nasional maupun internasional.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.